Senin, 21 Februari 2011

SEJARAH ATLETIK

Para siswa dari tingkatan SD, SMP, dan SMA pastinya sudah mengenal olahraga atletik dari para guru mengajarnya, namun terkadang mereka lupa akan sejarah dari olahraga atletik ini. Di bawah ini sedikit penjelasan tentang sejarah atletik mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menjadi referensi dalam mempelajari olahraga atletik

Atletik merupakan olahraga yang bisa dikatakan sebagai olahraga yang tertua dari seluruh cabang olahraga yang ada karena kerbedaannya yang sudah sangat lama bahkan ada sejak zaman sebelum masehi atau zaman prasejarah. Sebelum manusia mengenal atletik sebernanya manusia itu sendiri telah sering melakukan kegiatan-kegiatan yang termasuk pada atletik misalnya pada saat berburu pada jaman prasejarah manusia berlari untuk mengejar hewan buruannya atau bahkan melemparkan batu atau tombak dan senjata sejenis lainnya, selain itu juga mereka berjalan dan melompat. Semua gerakan tersebut merupakan gerakan dasar yang terdapat pada manusia sekaligus menjadi gerak dasar atletik. Gerakan dasar adalah gerakan atau tindakan atau juga tingkah laku yang dibawa sejak lahir yang berkembang dengan sendirinya tanpa harus dilatih seperti : jalan, lari, melompat/meloncat dan melempar. Dengan kata lain bahwa seorang manusia sejak dia dilahirkan telah dianugerahi bakat atletik kecuali orang tersebut mengalami kecacatan sehingga dia tidak bisa jalan, lari, atau melompat dan melempar karena terganggu kaki dan tangnnya.

 
ATLETIK ZAMAN YUNANI KUNO

Berbicara tentang sejarah atletik tidak terlepas dengan perkembangan budaya pada masyarakat Yunani kuno, karena dari sinilah atletik mulai dikenal oleh manusia (masyarakat). Pada saat itu masyarakat Yunani menjadikan atletik sebagai suatu kebudayaan yang melekat dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyakaratnya, karena merupakan bagian dari tata cara beribadah mereka kepada para dewa-dewa salah satunya adalah dewa Zeus (raja dari para dewa-dewa).

Seiring dengan perkembangannya atletik pun telah menjadi bagian dari olahraga bangsa Yunani kuno, terbukti pada tahun 776 SM telah dilaksanakan perlombaan atletik atau yang disebut athlon (pertandingan) pada sebuah kejuaraan olimpiade kuno, sekaligus ini menjadi penyelenggaraan olimpiade pertama sepanjang sejarah pelaksanaan olimpiade walaupun memang tujuanya masih sama adalah sebagai pemujaan terhadap Dewa Zeus di pegunungan Olympia, karena itu sampi sekarang diberi nama olimpiade karena pertama kali dilaksanakannya yaitu disebuah gunung yang bernama Olympia atau Olympus. Olahraga yang diperlombakan hanyalah atletik berupa lari menglilingi lapangan, itu pun yang ikut berlomba hanya dari kalangan warga negara terhormat keturunan Yunani. Tercatat pemenang perlombaan lari saat itu adalah yang bernama Coroebus.

Semenjak itu olimpiade semakain berkembang dan semakin kompleks walaupun urutan acaranya tidak pasti karena belum memiliki aturan yang baku, dan banyak olahraga yang mulai dipertandingkan. Selain olahraga lari ada beberapa olahraga yang diperlombakan misalanya lempar, loncat, pacuan kuda, pacuan kereta bahkan gulat dan tinju pun dipertandingkan.

Untuk para pemenang biasanya diberikan hadiah berupa mahkota yang terbuat dari tangkai bunga jaitun.


Sumber pustaka : 
Winendra Adi, dkk. "Seri Olahraga Atletik" (Yogyakarta : Pustaka Insan Madani)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Widget By: Forantum