Senin, 21 Februari 2011

BERKHIDMAT SEBAGAI GURU

Oleh : Prof. Dr. H. Mohamad Surya
Menjadi guru adalah suatu keputusan pribadi yang akan menjadi awal dari proses perkembangan karir di masa depan untuk menjadi guru professional. Keputusan itu harus diambil secara intrinsik berdasarkan satu kesadaran penuh disertai minat yang besar dan penuh idealisme. Menjadi guru harus merupakan satu komitmen pribadi yang diwujudkan secara konsekuen dalam seluruh kinerja sebagai guru. Beberapa hal yang harus dijadikan landasan dan pegangan dalam mewujudkan komitmen pribadi sebagai guru adalah sebagai berikut :
  1. Menjadi guru harus berbasisikan nilai-nilai keguruan yang telah menyatu raga dalam pribadi secara utuh dan menjadi sumber semangat menjalani perjalanan hidup sebagai guru. Memulai dan memasuki dunia guru adalah menerapkan nilai-niai itu yang merupakan perwujudan dari cita-cita sejak kecil, pengaruh lingkungan, sumber-sumber keteladanan dan pendidikan formal yang telah dimiliki.
  2. Dilandasi dengan penuh keyakinan dan tekad serta seamangat yang kuat untuk menampilkan diri sebagai guru secara mandiri dalam berbagai hal.
  3. Melakukan adaptasi dan partisipasi dalam lingkungan kerja baik internal tempat bertugas, maupun lingkungan sosial yang lebih luas yang diwujudkan dengan tingkat pergaulan yang baik dengan murid dan orang tua serta masyarakat secara keseluruhan.
  4. Menerapkan berbagia ilmu khususnya ilmu keguruan yang diperoleh dari pendidikan formal, latihan, dan keteladanan dalam praktek nyata dengan kreatif dan inovatif sesuai dengan kondisi yang ada.
  5. Siap mempertanggungjawabkan dari berbagi tindakan yang telah dilakukan serta secara berkesinambungan terus menerus melakukan perbaikan.
  6. Mampu menciptakan interaksi dalam suasana keakraban dan menyenangkan dengan berbagai pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Widget By: Forantum